Minggu, 25 Januari 2009

sehari di cangar, mendekat dgn alam

 

wuts. putus lagi deh cerita liburannya. ini segera dilanjutin, kalo nggak, bulan februari jadi keisi tema liburan juga. nah, setelah ke BNS, besoknya jalan-jalan lagi. kali ini bersama kelaurga. yah... kemarin waktu liburan natal emang diagendakan buat kumpul-kumpul dengan keluarga gitu. pilihan tempatnya adalah: Cangar.

cangar itu adalah sebuah nama daerah di Batu, yang terkenal dengan pemandian air panas alaminya. udah lama banget sih saya nggak ke sana, kayanya sejak SD dulu (^.^) kalo ke cangar sini sih, kayanya nggak bisa naik kendaraan umum. trus, siapin juga alat transportasi yang sanggup melalui jalanan dengan tanjakan yang cukup curam. nggak terlalu banyak sih tanjakannya. trus mungkin ada sedikit jalanan yang rusak, waktu itu ada angkot carteran yang dimodifikasi, (dikasih body kit yang mepet jalan gitu) kesulitan buat nerusin perjalanan (walau bisa juga sih meski dengan sangat pelan).

jalanan menuju tempat pemandiannya sih melalui kebun sayur dan apel, hawanya juga sejuk dengan sesekali kelihatan pemandangan khas pegunungan yang hijau-hijau. jadi, waktu itu kami sempat turun dari mobil, jalan-jalan dan sedikit jogging, sebelum nerusin perjalanan. udaranya seger banget, lain deh ma udara AC. dan waktu itu masih pagi, sekitar jam 7-8 ("^^

mendekati lokasi pemandian, ternyata sekarang buat masuk kawasan sana udah ditarikin semacam retribusi gitu. seperti kalo masuk songgoriti. besar retribusinya IDR 1000 aja buat sekali masuk. sekitar 2-3 km kemudian, sampailah di lokasi pemandian. waktu itu di parkirannya ada kaya tenda cukup besar gitu, dengan barisan anak-anak kuliahan. rupanya ada acara gatheringnya anak UIN.

masuk ke area tempat wisata, bayar karcis masuk 2500 per orang, anak kecil nggak dihitung. habis dari parkiran, kaya entrance nya ke coban rondo gitu, di pinggir jalan ada aliran sungai kecil. cuma bedanya, aliran airnya di sini hangat. sempat cemplung2 kaki gitu di sana, wehehe. trus sekitar 20 meter di depan, sampailah ke kolam pemandian. dan pemandangannya waktu itu bikin saya ilfil seh, lha lha. rameee gitu. trus just plain. ndak ada tata bangunan yang heboh. (apa sih benernya ekspektasi saya ?). trus ternyata ada dua kolam. kolam renang biasa dengan air yang biasa (gak tau deh dapet air dr mana). dan kolam air panas yang di tengahnya adalah langsung tempat keluar air panasnya.

 

saya cuma celup celup kaki di kolam air panasnya. soalnya, selain rame, juga gak bawa baju ganti (niat ke pemandian air panas gak sehh?). berhubung udah ilfil juga ama kolamnya, akhirnya saya, kaka, dan sepupu saya baru 8 tahun mencoba buat menjelajahi lokasi lain dari tempat wisata ini. di parkiran, ada tanda penunjuk ke Goa Jepang. yaaa mestinya di kota-kota lain juga ada yah "goa jepang" gitu. intinya kan goa yang dibikin buat sembunyi, buat berteduh, di jaman jepang dulu.

nah, di samping kolam air panas itu ada papan penunjuk buat pergi ke lokasi goa tadi. di situ tertulis jaraknya 600 meter. hmmm ternyata jalannya naiiikk terus. tapi nggak sulit kok jalanya. rata dan gak bergelombang, cuma nanjak aja. dan di sekitar asli cuma ada pohon2 gitu. ada sih tempat duduk buat istirahat gitu, cuma jorok banget. nah nggak berapa lama akhirnya nyampe juga tuh di gua. gua buatan... jadi ya kelihatan cukup rapi lah. trus, sekitar semeter dari mulut gua, udah gelaaappp banget. nggak kelihatan apa2. jadinya banyak orang yang ragu buat nerusin ke dalem. termasuk saya sih. tapi masa cuma menduga2 dan penasaran gitu. dan apa pula guna hape tanpa senter. akhirnya terus masuk.... eh... sekitar 10 meter kemudian, udah mentok tuh goa. gak pake berkelok-kelok atau turun ke dalam perut bumi. just plain ground. yaaa lumayan lah buat nakut2in orang gara2 gelap. tapi udaranya cukup lega kok, nggak pake pengap.

 

trus habis itu, kita keluar dari gua, dan menemukan plang penunjuk jalan lagi ke jalur "jogging track" sepanjang 1200 meter. benernya tulisannya nggak gitu, tapi "jeking trek" atau semacamnya. ternyata, jalur itu nggak mungin banget dipake buat jogging. yaaa jalur hikng lah mestinya. mengingat jalannya jalan setapak dan lumayan licin kalo habis ujan. trus kadang ada pohon tumbang menutupi jalan. jalannya juga naik-turun serta berbelok-belok. heheh, lumayan asik sih nglewatinnya. dan nggak begitu berat buat anak muda. saya waktu itu pake sandal biasa, dan aman2 aja. perlu hati-hati aja tapi. nah, habis naik-turun gitu, kayanya mood buat berendam gitu pasti naek deh. tapi waktu itu saya lebih mood buat makan (^_^) kebetulan bawa makanan dari rumah, jadi nggak nyobain warung di sana.

 

siangnya habis makan kami bergeser dari lokasi pemandian, ke lokasi air terjun yang ada sekitar 1km dari tempat tadi. mobilnya dibawa aja, agak capek juga sih kalo jalan, jalannya naik turun lagi. nah di air terjunnya ini parkirannya lebih kecil, dan buat masuk air terjunnya bayar lagi 2500 seorang dan anak kecil nggak dihitung lagi. jalan menuju tempat air terjunnya sih gampang... cuma turunnnnn ajah. ngebayangin naiknya waktu balik itu yang agak-agak gimanaaa getoh. and... ternyata bisa turun sampe dekettt anget ma air terjunnya. bisa mandi di bawah air terjunnya pas gitu (kalo mau gegar otak sih). dan ada dua air terjun. tinggal pilih yang mana.

habis dari air terjun akhirnya naik deh. naik deh. naik deh. hehehe, jadi laper lagi.
dan akhirnya pulang ke malang dari sana sekitar jam 1 gitu. dan di perjalanan orang2nya pada tidur semua. capek. wehehe. lumayan asik juga sih jalan jalan ke obyek wisata alam hari itu.

Tidak ada komentar: