Rabu, 25 Juni 2008

mie kocok bandung mang uci


hehe, ternyata ada beberapa yang kelewatan belum dibagi2 ceritanya. maklum, makan makan di bulan mei digabung jadi satu ma bulan juni nih. jadi keteteran. begini saudara-saudara, ceritanya di suatu hari pada awal bulan juni, di saat kantong masih tebal, sebelum belanja kebutuhan sehari-hari, saya dan temen kantor mampir ke jalan walikota mustajab buat nyobain makanan yang berjudul: mie kocok.

benernya saya pertama tahu ada makanan ini waktu jalan-jalan di malang, ditnjukin ma temen dan diajakin ke sana. tapi nggak sempat2 aja masuk and nyobain. eh, ternyata sempatnya pas di surabaya ini. kalo di malang, mie kocok bandung mang uci ini ada di jalan patimura. hmmm wujud tempat makannya sih hampir sama kaya yang di malang. depot yang nggak terlalu luas dan penerangan lampu neon. dari luar kelihatan sering rame, makanya kami tertarik buat nyobain (p.s. kayanya dua hari sebelum kejadian, tempat ini masuk di rubrik wisata kuliner surabaya di kompas juga si hehe).

duduk di dalam, dan melihat menu yang cuma selembar doank. ada empat jenis mie kocok: daging sapi, kikil kaki sapi, ma daging ayam yang masing-masing dikasih harga IDR 9000, juga mie kocok ceker yang dihargain IDR 6500. kami bertiga pesan tiga jenis yang pertama. gak minat lihat foto cekernya (*_*)

untuk minumnya, air mineral, teh manis, teh botol sosro, dan frit tea dikasih harga yang sama: IDR 3000. hmmm cukup aneh. jadinya saya pesen fruit tea aja. ada juga sih minuman spesial: es cendol bandung. tapi dengan banderol mie kocok tadi, secara naluriah saya tidak memesan minuman yang lebih dr IDR 3000 tadi, hahaha.

makanan datang. saya pesen mie kocok daging sapi. wih.... dateng kuahnya panassss. tiup2 dulu. maem.... hmmm kok gak berasa? mie kuah biasa aja tah? duh rugi. sepertinya saya pernah makan mie pangsit yang lebih enak dari ini dengan harga lebih murah. beberapa menit kemudian seorang teman mengeluarkan komentar pertama: enak ya mie-nya? hah? iya tah? temen yang lain langsung nyambung: rasanya kaya indomie soto madura. bumbunya banyak... hah? bumbu apaan sih? masa segitu lainnya varian rasa yang satu dan yang lain?

jawabannya saya temukan setelah mie saya setengah habis. bumbu2 yag dimaksud, yang bikin ada "rasa"-nya itu... ada di bagian bawah mangkok. argh, namanya juga mie kocok. mestinya saya "kocok" dulu tadi sebelum dimakan. wah, ya udah deh. dengan kuah yang hampir habis, rasa bumbu tadi kemudian terasa begitu hebat di lidah saya. rasanya... gimana ya? spicy. pedes2 gimana gitu, ungkin ini yang dibilang nendang ya? yang jelas rasanya seluruh lidah saya terangsang. whuu..... tapi saya tidak terlalu menikmati sensasi seperti ini. huah.... panass. gluk gluk. fruit tea yang ada cukup ampuh menetralkan rasa bumbu tadi.

kesimpulannya: kayanya makanan ini bukan selera saya, meskipun marus diakui, bumbunya memang nendang ke sana kemari. kalo anda suka masakan spicy, mie ini buat anda. tentang rasa mie nya sendiri, saya nggak terlalu terkesan, tapi ada temen saya yang bilang enak. sedangkan menurut teman lainnya yang rajin nyobain jajan/snack/instant food, rasa mie ini sangat mengingatkannya pada indomie rasa soto madura. saya sendiri belum merasakan indomie rasa itu, jadi saya belum bisa mendukung atau menentang pendapat itu. dan yang perlu anda perhatikan adalah: kocok sebelum makan!

3 komentar:

Anonim mengatakan...

iya, enak. ayo, aku traktiren situ po'o. pengen beli es cendolnya jg :(

Anonim mengatakan...

Nggak sama persis sih, tapi memang rasanya mirip indomie soto madura. Dulu pernah nyoba juga indomie rasa mi kocok, kuahnya putih gitu, rasanya udah lupa, udah nggak dijual lagi, mungkin dijual di Bandung sana. Kayaknya indomie rasa masakan nusantara itu produk gagalnya indomie :)).

Unknown mengatakan...

kayanya itu sih bukan mie kocok yang asli deh..soalnya kalo mie kocok di bandung jauh banget ama rasa indomie...mau tau rasa mie kocok yang asli ?? coba deh cari info nya di www.miekocokgatsoe.com
rasanya dijamin lain deh dari mie kocok yang ada di bandung...coba aja mampir kalo ke bandung :)