Rabu, 23 April 2008

semua pake tapi


seluler perang tarif? CPD.... saya aja yang nggak ikutan dalam peperangan, jadi capek juga ngeliat operator2 seluler pada bersaing dengan tarif. katanya sih yang diuntungkan ya konsumen juga... karena tarif makin murah aja. tunggu. iya tah? kayanya malah semakin banyak yang merasa tertipu oleh iklan-iklan seluler yang mengaku memberikan tarif termurah. harus saya akui, saya sempat juga tertipu oleh mereka itu. pertama kali ditipu oleh XL, dan baru ketahuan kalau ditipu setelah lihat website resminya XL. gimana nasibnya mereka yang nggak pernah bisa buka website ya? (referring ke tukang becak, tukang parkir yang kemakan iklannya jempol di radio atau di spanduk di jalan). trus sama 3, yang berani-beraninya bilang: "bohong itu dosa" waktu nawarin promo bonus 3x . ya iya sih dapetnya 3 kali lipat, tapi cara makenya dibatasi.

lupakan masa lalu, hadapi masa kini. yang sayangnya, makin dipenuhi oleh ketidakjujuran, ketidakterusterangan, dan kebingungan. banyak orang yang mengeluh, merasa tertipu karena persepsi ang mereka tangkap dari iklan tidak sesuai dengan kenyataan. itu buat mereka yang tertarik ikutan perang. tapi ternyata yang kalem2 aja dan nggak kemakan iklan, juga ikut dirugikan loh! temen saya yang setia make im3 mengeluhkan susahnya nelpon di jam-jam tertentu. bos saya yang pake XL sejak lama juga merasakan gejala serupa. tarif murah bikin pelanggan bertambah, jumlah penelepon juga nambah, tapi kapasitas jaringan nggak ikut ditambah. ternyata eh ternyata, ada pelanggan Matrix, yang loyal, yang sudah jadi konsumen lama dan tagihannya jutaan, kena ikut imbas dengan sibuknya jaringan indosat. dia nelpon jadi susah. kasihan deh si bapak.


capek deh....
daripada pusing mikirin variasi layanan operator... lebih baik saya share pengalaman saya dengan layanan seluler. saya punya 3 nomor gsm dari tiga operator yang berbeda, dan dua nomor cdma dari satu operator saja. (haaaah? gitu ngakunya nggak ikut perang??!?) oh memang nggak. kalau saya berperang, pasti bakal lebih seru dari ini wahahaha.

nomor pertama adalah nomor XL. hampir pasti bisa dihubungi (kecuali kalo saya tidur atau hape lagi di-charge). saat ini saya menggunakan layanan Jempol. saya menggunakannya karena nomor ini adalah nomor yang sudah tersebar luas, dan juga cantik: 08-17-03-02-01-71 keliatan nggak cantiknya? silahkan call atau sms kalau mau. hihihi, diutamakan bagi mereka yang lagi cari IT solution untuk perusahaan mereka. kok saya jadi promosi? gpp. tapi saya nggak menemukan lagi kelebihan layanan Jempol. katanya si dr malem ampe pagi, sms ke sesama XL IDR 45 dan siang ampe malemnya itu IDR 99. tapi saya nggak yakin promo ini masih berlaku. yang saya suka dulu adalah: isi ulang IDR 5000, masa aktifnya 30 hari! tapi kayanya sekarang nggak lagi.

nomor kedua adalah nomor 3 (three). nomer ini juga hampir pasti bisa dihubungi (baca: di-sms, karena batt hapeya ngedrop hehe). walaupun di dalam rumah saya sinyalnya ancur, tapi begitu di bawa ke jalan di depan rumah, langsung nambah 1-2 bar. aneh. sms ke semua operator IDR 110, tadinya merupakan tarif termurah, tapi kini tarif yang ditawarkan oleh operator lain juga nggak beda jauh. sehubungan iklan barunya yang katanya "nggak pake tapi"... saya KASIH TAU nih TAPInya:
1. tarif 399 per menit belum termasuk PPN!!! artinya: tarif sebenarnya kira2 IDR 440 per menit
2. tarif 399 per menit itu ngitungnya PER MENIT!!! artinya: ngobrol semenit lebih 3 detik diitung dua menit.
3. tarif 399 per menit itu buat NELPON KE NOMOR LOKAL!!! artinya kalo nelpon ke lain propinsi, tarif yang berlaku nggak segitu, tapi: IDR 1100 per menitnya. (update: gilaaa ternyata telepon ke PSTN lokal juga kena tarif IDR 1100!!! alamak...)
tapi saya masih bertahan, (dengan agak berat juga benernya) karena sms ke sesama 3 GRATIS, nelpon ke sesama 3 IDR 165 per menit, dan yang jelas, isi ulang IDR 30000 dapetnya IDR 45000 untuk masa aktif 30 hari. hmmm nomer ini bener2 pas buat pacaran. haha. jadi jika kebetulan engkau adalah gadis pemakai 3... would u be my girl? hahaha, dasar cowok murahan (baca: pelit).

nomor ketiga adalah nomor IM3. dulu saya belinya dalam rangka mengejar seseorang. tapi kini dia tak terkejar lagi... halah. tapi kini saya menggunakannya sekali-sekali (mengganti kartu di salah satu ponsel saya) untuk internetan, atau untuk nelpon sepuasnya ke temen2 pemakai im3 di luar propinsi. yah, bisa diakui banyak juga pemakai im3 di indonesia. yang saya suka adalah, selain tarif nelpon (buat sesama) dan internetnya murah... juga ada voucher isi ulang panjang umur. yang harganya cuma IDR 10500 buat pulsa IDR 10000 dan aktif selama 365 hari. huaaaaaa jadi nggak perlu buang uang buat memelihara nomer. sayangnya nomer im3 saya ini nggak cukup cantik untuk dipelihara.

nomor keempat dan kelima adalah nomor StarOne. seteah kemakan promosi dari teman saya, dan juga melihat kenyataan yang ada. saya memutuskan untuk berinternet menggunakan StarOne. nomor yang satu untuk layanan internet time-based, dan yang satunya untuk volume-based. meskipun kedua nomor ini cukup cantik, tapi jarang sekali standby karena saya kemana-mana udah bawa dua hape... cukup repot kalau harus bawa hape ketiga yang isinya nomor cdma. lagian, batt nya nge-drop juga huhuhu.

demikianlah, semoga sharing ini bisa menginsipirasi anda dalam menggunakan layanan seluler.
nggak usah pusing dengan tarif. cari saja satu (atau dua) kartu yang benar-benar memenuhi kebutuhan komunikasi anda. kalau saya sih mengira udah memanfaatkan layanan yang ditawarkan dengan optimal, sesuai kebutuhan saya.

Tidak ada komentar: