Minggu, 20 April 2008

cinta itu nggak ada yang aneh




beberapa waktu yang lalu muncul suatu pembicaraan yang nggak disangka-sangka dengan seorang teman baik saya di telepon. topiknya nggak disangka, demikian juga isinya. untuk alasan keamanan dan obyektifitas, semua nama dalam pembicaraan ini (kecuali nama saya: antok) akan digantikan oleh tiga alphabet yang serupa. oh iya, karena nulisnya ini udah selang beberapa hari, dan juga by phone, jadi keakuratan kata-katanya masih bisa digugat.



xxx : hubunganmu sekarang ma aaa skrg gimana tok?


saya : hmmm nggak tau ya, kayanya biasa aja. terakhir kali sih dia yang nggak ngebales smsku


xxx : kamu nggak mencoba menghubungi dia?


saya : nggak sih. dia kan sekarang udah sibuk, ntar kalo aq sms di saat yag nggak tepat kan malah ngganggu dia.


xxx : hmm. sudahlah tok, kenapa kamu nggak sama si aaa aja sih? kamu kan juga mencintai dia sih



saya : hah? apa?


xxx : kamu sama si aaa ajah, kan kamu mencintai dia. dia juga mencintaimu


saya : (masih terperanjat) hah? ngomong apa sih kamu? aq ma dia nggak ada hubungan apa-apa yoo


xxx : udahlah tok, terima saja kalo kamu memang mencintai aaa. (sambil tertawa kecil)


saya : apaan sih kamu? kok bisa-bisanya bilang gitu. ngawur.


xxx : ya nggak mungkin lah kalo kamu nggak mencintai dia. kalo kamu nggak ada perasaan apa-apa nggak mungkin kamu sampe segitu takutnya menghubungi dia karena takut mengganggu


saya : (agak kaget) enggak ah. biasa aja. paling aq ngomong gitu cuma karena aq males aja menghubungi dia (berbohong)


lalu saya membandingkan alasan tadi dengan alasan saya tidak menghubungi orang yang saya kejar-kejar: karena takut dia menanggapi saya dengan dingin, nanti saya bisa sakit hati karena dicuekin ma orang itu .


xxx : nggak mungkin tok. setelah perhatian kamu begitu besar ke anak itu.


saya : perhatian apa? kayanya aq malah gak gasih perhatian apa-apa kok


xxx : masa sih tok? misalnya kalo si aaa membutuhkan pengorbanan dari kamu, kamu bakal melakukannya untuk dia kan?


saya : (aduh, kalo udah nyinggung masalah pengorbanan gini saya jadi sensitif) hmmm iya sih, kan dia temen baik. tapi kayanya aq bisa berkorban lebih banyak untuk orang lain deh. paling kalo buat dia cuma 30%-50% kemampuanku.


jawaban tadi saya yakini dengan sepenuh hati. saya mau berkorban lebih banyak buat si dia yang saya kejar. tapi.... kok pake syarat ya? saya ingin dia mengakui atau membuat saya percaya kalo dia butuh saya. kalo ke aaa ini sih bebas syarat, nggak pake tapi :D


xxx : hmm tapi itu kan udah yang optimal dari kamu kan? maksudnya 30% mu itu bagi orang lain mungkin udah banyak banget, kaya 100% (duh, ndengernya jadi inget iklan mizone). artinya pengorbanan maksimalmu untuk orang lain itu ya 30%-50% tadi kan? artinya pengorbanan maksimalmu ya buat si aaa itu


saya : (terdiam)


saya terus nyari lagi temen lain yang kira2 bisa saya kasih pengorbanan lebih daripada si aaa, tanpa syarat juga. kok kayanya gak ada... waduh.


xxx : (tertawa kecil, tapi lebih keras drpd yang tadi) udahlah tok... terima saja kalo kamu mencintai si aaa


saya : (ndak terima kalo kalah berdebat) ndak yo, kalo dia agak lain dari temenku yang lain. kan ya karena dia temen lama yang baik, terus dulunya ya pernah ada sejarah bersama


xxx : ya itu tandanya kau masih mencintai dia tok...


saya : (makin sebel) nggak yooo. kalo memang sahabatan kan bisa aja


xxx : nggak ada sahabatan antar cowok dan cewek yooo


saya : lha? kalo kamu ama mbak ppp itu?


xxx : kami itu berteman


(halah, benernya dia sendiri juga punya temen lain jenis yang akrab banget)


saya : ya wis, kami berteman


xxx : hahaha. masalahnya gini tok. si aaa kan selama ini memang belum memerlukan pengorbanan dari kamu. tapi kalo misalnya suatu waktu terjadi, aku yakin kamu pasti akan berkorban untuk dia. misalnya ya tok, ini misalkan aja... suatu saat, sekarang ini deh. kamu mendengar kabar bahwa si aaa itu meninggal. apakah kamu rela untuk pergi ke malang buat menemui dia untuk terkahir kalinya?


kata2 dia memang waktu itu begitu.kalau kata2 yang ini saya ingat dia mengucapkannya.


saya : yaaa ya iya lah......


xxx : nah misalnya kalo si ppp, yang meninggal. apakah kamu rela meninggalkan kerjaanmu dan lain2nya untuk menjenguk dia?


saya : hmmm nggak juga sih.....


lagi2 saya mencari orang lain yang akan saya berikan perhatian serupa.yang kebayang saat itu cuma si dia yang saya kejar, selain si aaa. maaf ya buat teman2q... kalo ada kejadian seperti itu, aq pasti akan dateng. cuma alau misalnya harus ke luar kota kaya ke malang... kayanya aq bakal nunggu dulu. nggak real-time .


xxx : nah, untungnya skrg si aaa baik2 saja. jadi kamu nggak ada kesempatan untuk menunjukkan cintamu itu. tapi kalau suatu saat kalau waktunya udah terlambat, misalnya dia udah nikah sama orang lain, kamu bakal menyesalinya tok.


saya : halah halah! (geleng-geleng kepala, ucapannya kok makin masuk akal. saya ndak terima kalau semudah ini dihasut olehnya). kalo sama si cewek yang aq kejar ini, aq akan berlari menemuinya yo


xxx : iya sih. tapi kamu bakal melupakannya setelah beberapa waktu. kalau si aaa yang meninggalkanmu, kamu kayanya gak bakal bisa melupakan dia. kenangannya bakal terus ada di kehidupanmu.


saya : biyuh. yakin loe? tapi mestinya kan ya, kalau sama pasangan kita itu... kalau dia pergi atau jauh dari kita, kita bakal kangen, kalu dia dideketi orang kita jadi cemburu, kalau kita ketemu kita jadi ngerasa seneng....


xxx : loh kan aq udah pernah bilang, benernya kalau kita kangen itu tandanya kita kesepian, kalau kita jadi cemburuan ma seseorang itu artinya kita egois, kalau jadi salah tingkah dan sulit berkata-kata, itu artinya kita suka ma orang itu. kalau cinta itu nggak seperti itu, nggak ada perasaan yang aneh-aneh dalam cinta itu


saya : tapi bukannya banyak orang menikah dan pacaran karena da rasa-rasa semacam itu. wajar kan ada erasaan seperti itu?


xxx : iya tok, tapi ciri2 yang kamu berikan itu adalah ciri2 pasangan yang nantinya akan bercerai. jadi mungkin kalo kau menikah dengan rang lain, kamu bakal merasakan hal-hal seperti itu, tapi kalian bakal bercerai. tapi kalo kamu ma aaa menikah, kemungkinan besar kalian nggak akan bercerai


saya : gitu tah? lah misalnya kita udah menikah ama pasangan kita itu. trus aq nggak merasakan hal-hal aneh yang kaya tadi. trus masa pantes kalo kita malah merasakan hal-hal tadi sama orang lain?


xxx : ya nggak pantes tok


saya : lha iya. terus?


xxx : tapi itu tandanya kamu normal tok. laki-laki kan memang suka dengan yang berbeda


saya : halah. tapi... nggak ah. masa aq cinta ma aaa? aq nggak pengin ketemu yang gimana gitu. atau berharap yang macem-macem ma dia.


xxx : ya kan bagus itu. kalau cinta kan memang bagus kalau nggak meminta apa-apa. kalo dia menolak pergi ma kamu, reaksimu gimana?


saya : ya gak apa-apa


xxx : nah, bener itu tok. kalo misalnya aq ngajak si ccc (note: ccc adalah cewek yang ditaksir xxx), trus dia nolak, aq tuh jadi sebel. kalo dia nerima aq ada rasa bangga. mestinya kalo aaa mau kamu ajak jalan, kamunya ya biasa juga tok.


saya : hmmmm (nggak mampu jawab)


xxx : yaa kecuali kalau aaa cuma kamu jadiin pelarian ajah


saya : hmmm kalo gitu iya deh. dia cuma pelarian aja kok (nggak yakin dengan kebenarannya)


xxx : gila tok! jahat juga kamu!


hmmm perbincangan selanjutnya di-cut karena semakin malam, kualitas suara juga makin buruk. (aslinya saya nggak mau kejahatan saya diungkap). di esok harinya perbincangan dilanjutkan beberapa kalimat lagi:


saya : tapi kalo kamu bilang aq mencintai aaa, aq nggak menerima dia apa adanya kok.aq berharap dia lebih tinggi, lebih langsing, dsb


xxx : hmmm tapi cukup aneh kalo berharap seperti itu ke orang yang nggak kamu anggap apa-apa


duh, kok masuk akal ya?aq nggak pernah berharap salah satu temen cewekku untuk tambah tinggi atau tambah cantik atau apa gitu.



hmmm intinya perbincangan dengan si xxx itu menggugah rasa penasaranku. mungkin juga menggugah harapan, bahwa cinta yang lagi kucari-cari itu, selama ini sudah hadir di hadapan. tapi mengganggu pikiran juga, karena konsep cinta yang saya anut selama ini diorak-abrik ma xxx. menjadi sesuatu yang tampak: biasa. biasa banget. sempat ketakutan juga si, kalo tnyata emang cinta yang xxx bilang itu bener. mungkin saya bisa kehilangan cinta itu tidak lama lagi. tapi... masa iya sih saya mencintai aaa? masih gak percaya. apalagi nih xxx nggak pernah liat langsung interaksiku ma aaa. kenal aja juga barusan. ya meskipun saya akui kemampuannya untuk menarik kesimpulan cukup bagus, tapi bukan berarti sosok xxx ini mahir dalam mendapatan dan memelihara percintaan. meragukan (sorry ye)

2 komentar:

Anonim mengatakan...

persahabatan antara cewek ama cowok yaa. mmm.. menurutku wajar aja sih. ketika kita bersahabat dengan seseorang, kita pasti punya batasan2 sendiri buat diri kita, sejauh mana kita sobatan ama tuh orang. baik yang sesama gender ataupun yang beda.

kalo aku sih, ketika aku punya sobat cowok (lain gender), aku punya batasan global (subyektif nih),

pertama, aku mesti jaga diri.percaya ada, rasa aman dan nyaman juga pasti ada. tapi apa salahnya berhati2 dengan orang lain kan.(contohnya ketika berada di rumah teman cowok, aku gak mau sampe pintu rumahnya nutup, dll). intinya adalah saling njaga.

kedua, aku mesti jaga hati. gak menutup kemungkinan, rasa suka itu timbul (dan itu wajar, dan itu bahkan berkah buat kita, nemu sahabat juga nemu jodoh kaan), tapi dengan menjaga hati kita, rasa sayang yang bener2 "sayang antar sobat" itu bakal lebih kerasa dan itu bener2 rasanya seperti, "oh, aku nyaman banget ama nih orang". dan yang pasti, dengan njaga hati kita, kemungkinan untuk adanya cinta bertepuk sbelah tangan itu bisa terminimalisir.

semisal kasus, kita ada rasa ama dia, tapi dianya enggak. nah dengan adanya rasa sobat yang lebih gede dari rasa cinta kita itu, ketika sobat kita itu nemuin cintanya, kita bakal lebih ngerasa "aku ikut bahagia. aku sedih bukan karena patah hati, tapi sedih karena sedikit kehilangan". wajar kan, ketika sobat sesama gender kita nemu cintanya juga kita bakal sedikit kehilangan.

tentang cinta. aku gak tau mana yang bener antara kamu ato si sodara xxx ini. penjelasan keduanya rada rancu bagiku. sepertinya kedua pendapat itu bener2 aja karena hal kayak gitu itu subyektif. tiap orang mesti beda. yang jelas buatku cinta tuh berjuta rasanya deh (lagu titiek puspa)..sekedar tips aja, (tips yang subyektif juga, berdasarkan pemahamanku mengenai cinta, jadi boleh coba boleh enggak), ketika kita mencintai seseorang, saat itu kita mesti tau apa aja kelebihan dia dan kekurangan dia, dan kita menyukai semua hal yang ada padanya itu, baik kelebihan dia ataupun kekurangan dia, dan itulah yang nantinya membuat dia sempurna bagi kita..tentu saja, ketulusan adalah kunci utama dari rasa cinta. karena menurutku tulus itu pegangan utama orang2 tua kita yang udah lama membina pernikahan sampe punya kita2 ini Tok.jadi kalo pengen berusaha cinta ama orang, tuluslah untuk menyukai semua kelebihan dan kekurangan dia.

oke, sekarang kamu coba pikirkan lagi, dengan orang yang ingin kamu kejar saat ini, atau dengan sodara aaa cintamu itu ada. (dan kalo ragu, gak ada salahnya untuk mencoba :p tapi ingat yach, jangan maksain diri. kamu kalo maksain diri jadi jelek mukanya..ilang nggantengmu mas..)

wahahaha (akhirnya aku ketawa juga di commentku ini)..aku hanya mengetawai tulisanku sendiri di atas. kok bisa aku nulis kayak gitu. tapi yo kok masih tetep terlihat absurd.wes, gak usah comment balik. awas koen!

wahyu mengatakan...

Hm.....
hubungan cowok dan cewek memang aneh , rumit dan membingungkan

pengennya bisa lebih sederhana sih, kaya masukin comment di blog ini (apa bisa ya? mimpi kale ....)

that's why I don't wanna stick myself with girl unless I'm 30