Minggu, 26 Oktober 2008

icip-icip di xo suki @sutos

di suatu kesmepatan lagka yang (nggak) mungkin nggak setaun sekali... seorang comrade di sk menraktir mahadewanya. nah karena saya pegikut mahadewa yang setia, akhirnya saya diajak ikutan. ehehe. ternyata sang comrade ini turut pula mengajak ceweknya. wahh, panas aq. gak terima. maunya ngajak ceweknya cowoknya bakal cewek saya dulu yang sempat kenal sama temennya mantan cowoknya yang lagi ada di surabaya, yang seorang cewek. ehm , kenalannya tadi sih yang mau diajakin, tapi... nggak jadi, karena jadwal sang comrade dan ceweknya cowoknya cewek yang kenalan sama ce... halah. yang jelas kami mau ditraktir di sutos.

sutos di siang hari sepi... (yaeyalahh) jadi bisa milih tempat manapuunnn yang kami mau. masalahnya saya nggak tau lagi mau apa. mahadewa? meskipun sudah cukup jelas maunya apa, tapi dia kan ditraktir. jadi entah gengsi atau sungkan atau jaim atau memang sudah nggak terikat dengan hal2 duniawi, dia nggak mau menunjuk suatu tempat. dan pada akhirnya masuklah di suatu tempat yangg nggak pernah kemasukan saya sebelumnya: x.o. suki.

nggak pernah ke tempat maem suki sebelumnya. gak tau juga "suki" tuh kaya apa. norak ya? emmangng. yang jelas tempat maem suki di sutos ini interiornya oke juga, meskipun gak yakin kalo ntar tempatnya penuh, bakal terasa tetep nyaman atau nggak. mejanya ada buat 2 orang sampe 8 orang. dan di tiap meja ada kompornyah. di tiap meja juga ada sebuah mangkuk+sendok, juga piring+sumpit. hmmm penuh (mejanya). kursi dibalut kain merah, dan di satu pojok ruangan ada televisi. waktu itu yang ditayangkan adalah mtv. entah kenapa saya merasa tv itu gak nyambung ma nuansa intimate merah-hitam di tempat ini. agak...norak. just like me.

daftar menu dengan pelayannya dateng. lhah? cuma ada daftar minum doank? (ding dung ding dung --> sound effect keheranan).
ternyata konsep dari tempat maem suki adalah, kita ambil sendiri bahan2 yang mau dimasak. trus masukin deh ke kompor di depan kita itu. seberapa lama masaknya, ya suka-suka kita. tapi ada juga menu grill, yang dimasakin oleh chefnya. waktu itu lagi ada promo buy one get one free buat menu grill, tapi item yang free udah ditentuin. promo yang lain adalah discount 30% buat hsbc card holder, ma buy one get one free buat bca card (nggak tau deh ini ketentuannya gimana).

oke, setelah ngerti tiga konsep utama maem di x.o. suki ini... mari pesaan. yang pertama beres adalah pesen minuman, soalnya menu yang ada di tangan saya ya menu minuman doank. yang dipesan adalah strawberry splash, pink lady, iced green tea, dan hawaiian delight (jika anda penggemar setia blog ini, atau anda penggemar berat saya [cuih], mungkin anda bisa menebak siapa pesen minuman yang mana). harga minumannya rata-rata IDR 16000. trus milih menu grillnya, the comrade and his girl milih menu grill yang berbayar (kayanya daging iga), sementara kami memilih yang gratisannya (beef, dengan sumpelan jamur, namanya lupaaa. beef enoki? ngarang banget). ahhh yang membuat saya lega adalah say nggak harus melihat harga menunya. wahahaha. memesan jadi lebih mudah. gwakaka.

maka selanjutnya kita bergerak ke makanan suki-nya. ups iya, kebetulan kali ini kami gak terlalu berselera dengan nasi. jadi cuma ada satu porsi pesanan nasi putih. bergerak ke display pilihan suki. modelnya kaya rak-rak pendingin di swalayan gitu. kta tunjuk aja bahan yang kita mau (ada label namanya), dan bakal diambilin sama pelayannya, sekalian dikasih tau tips penyajiannya. oh ya, meskipun nggak ada label harganya, anda bisa menebak harga bahan2 yang anda tunjuk2in itu dengan memperhatikan warna piringnya. sepertinya (just a guess), yang paling murah adalah yang warna merah. bahan yang kami ambil dengan piring merah adalah sawi dan rumput laut. kemudian biru (baso sapi dan sushi... apa ya? ), dan kemudian piring hijau (swekiauw dan hmm hmmm sushi dgn telur?). yang paling mahal sepertinya piring putih. dan letaknya juga di rak paling atas. nggak berani nunjuk. baso sapi ok, sushi dengan jamur lumayan, rumput laut dan sawi.. yaaa biar ada sayurnya. swekiauw hmmm enak (soalnya digoreng). sushi yang ada di foto itu? yang pinggirnya berupa telur, yang merahnya adalah crabstick, sedikit hijau adalah mie ikan, dan mungkin juga ada campuran udang di sana? cukup rame lah rasanya. nyam nyamm, tapi saya nggak tau ya worth harganya atau nggak (kali ini saya lupakan soal harga, huhu senangnya).


lanjut ke grillnya. saya cuma menyantap tiga-empat potong dari dua grill yang dateng. iga-nya [foto di tengah], bumbu kecapnya tajem banget. srengng... nyepp. (sound effect macam apa ini?) saya nggak ambil banyak2. beef enoki (kenapa saya bersikeras dengan nama khayalan ini?) nya, kecap juga, cuma lebih lembut dikit dari yang iga. mungkin karena ada jamurnya juga [foto gak jelas di baris yang bawah]. lebih enak di lidah saya. untuk harga sekitar IDR 30000.... hehehe. hehe.

dan sampailah di minuman. saya hanya komentar minuman saya aja. hawaiaan. warnanya biru tosca. rasa? segerrrr. walau foto di menunya menggunakan gelas yang panjang dan garnish strawberry, yang dateng gelasnya lebih pendek dan garisnya berupa cherry (as stated by the words). blue curacao... nggak tau sayah. yang jelas manis dengan asem yang ringan. enak kok. ngintip juga sih strawberry splash milik sang comrade yayuk, tapi gak ngicip. bagaimana dengan tea milik mahadewa? kata dia gak kerasa campurannya. hmmm saya nggak bisa menjelaskannya, saya nggak ngicip. seinget saya isinya jasmine tea sama milk, sama sedikit coffee mate.

saatya pulang. saatnya membayar. kayanya habis IDR 250000-300000. empat orang. ngeri juga ya? semoga lain kali anda bisa menraktir kami lagi seperti ini (artinya rejekinya makin derass). dan dilihat dari biaya dan makanannya. kayanya cocok buat makan seharian. dari siang... sampe malem... ngobroll sambil icip2. panasin lagi kompornya. ambil lagi suki yang laen, icip2 lagi... hmmm aq laper.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

ding dung ding dung --> sound effect keheranan

Hahaha.. itu sih bunyi USB flash disk nancep :))

destyan mengatakan...

(*^.^*) nggak nyangka suara2 macam itu kebawa hingga ke subconscious mind bwahahah