Sabtu, 27 September 2008

rating musholla mall di surabaya

mungkin waktunya udah agak telat sih, di penghujung ramadhan. tapi nggak apalah, mungin bisa jadi referensi di masa depan. sebagai anak yang larinya ke mall, kalo niat jalan2, 2-3 jam di mall kan belum puas. tapi tiap 2-3 jam juga waktu sholat yang baru udah masuk, jadi sholat di mall tentu nggak terelakkan. nah, sayangnya di mall manapun yang pernah saya datangi, nggak ada musholla yang bener2 bikin lega. maksudnya betah bertuma'ninah di sana. anyways, ini rating musholla yang berupa opini pribadi, dari mall/plaza yang pernah saya kunjungi di surabaya. ada sih beberapa foto mushollanya, tapi nggak terlalu mencerminkan feeling di sana, jadi nggak saya lampirkan.

1st: Supermall Pakuwon / PTC, 6/10
sebenrnya saya baru sekali mendatangi musholla di mall ni, jadi lupa letaknya bener di supermall atau ptc nya. yang saya ingat banget adalah waktu itu tempat ambil air wudhu nya nggak bau pesing. sandal yang ada nggak lumutan. trus mushollanya cukup luas, terang, dan udaranya nggak apek. dan... ada bagian dinding yang terbuat dari kaca. jadi sedikit ada view from the top. yang saya suka adalah terang dan nggak pengap. walaupun dekornya ya standar, cuma berasa bersih. waktu itu jadi pengin agak lama doa habis sholatnya. sayangnya takut pulang kemaleman juga :P

2nd: City of Tomorrow (CITO), 5/10
saya suka musholla di cito karena terang dan cukup luas. meskipun udaranya nggak terlalu lega, cuma nggak berbau aneh. tempat wudhunya juga selalu bersih, sering saya lihat ada petugas yang langsung membersihkan. sandal kayunya juga masih baru sih, jadi nggak berlumut. sayangnya karena sering diguyur air (upaya membersihkan tempat wudhu), lantainya jadi licin. saya sempat terpeleset dua kali di sini.

3rd: Darmo Trade Center (DTC), 4.5/10
ternyata "mall" yang patut dipandang sebelah mata ini, punya musholla yang cukup mending daripada musholla yang lain. sekali lagi karena nggak ada bau-bau yang aneh di tempat ambil wudhunya. sayangnya buat ambil wudhu kita harus bayar IDR 500 :P tempat sholatnya sendiri belum terlalu apek dan cukup bersih, tapi udah spec down dari tempat yang menduduki peringkat pertama dan kedua. kekurangannya lagi adalah, musholla yang ada di lantai kedua ini cukup sulit untuk ditemukan. tapi mungkin ini membantu buat mendapatkan suasana hening.

4th: Tunjungan Plaza (TP), 4/10
hmmm mall yang paling besar di surabaya ini, ternyata cuma mendapat tempat keempat untuk musholla nya. emang bener sih dekor tempat sholatnya paling mendekati dengan masjid kecil. udah punya nama sendiri pula (lupa namanya tapi). udara di dalemnya juga gak apek. tapi yang membuat saya nggak terlalu suka dgn musholla di lantai paling atas TP ini, adalah tempat wudhunya yang agak jauh dr tempat sholatnya, juga berbau gak enak. nggak sampe pesing, cuma gak mau berlama-lama di dalem sana. ughh.

5th: BG Junction, 4/10
kondisi di sini adalah kondisi yang paling umum saya temui di mall. tempat sholat sempit dengan udara agak sesak. tempat wudhu udaranya sesak dan nggak terlalu bersih pula. sandal yang tersedia agak gak nyaman (ragu dgn kebersihannya). tapi nilai plusnya adalah: tersedia hampir di semua lantai. cuma dua lantai terbawah yang nggak ada mushollanya. ini mempermudah akses pengunjung untuk beribadah. ini juga menunjukkan pengelola mall gak pelit ruangan buat beribadah.

6th: ITC, 4/10
kondisinya hampir sama dengan di BG Junction, tapi yang jelas tidak tersedia di semua lantai. saya ingat waktu datang di bulan pertama pembukaan mall ini. waktu saya tanya di mana mushollanya ke satpam yang bertugas. saya diarahkan ke musholla buat karyawan yang ngambil wudhunya di kran buat ambil air pel, dan tempat sholatnya cuma cukup buat dua orang. ternyata ada musholla lain yang lebih manusiawi di lantai parkiran bawah. dan nilai plusnya, mudah diakses dari carrefour. tinggal naik lift di samping carrefour ke lantai paling bawah. plusnya lagi, di depan musholla ada tempat duduknya. lumayan buat masang sepatu, atau nungguin orang yang lagi sholat.

7th: Royal Plaza, 3/10
spec down lagi. apeknya di tempat sholat lebih kerasa, dengan tempat wudhu yang panas, nggak jelas kenapa. sandal yang ada udah mulai berlumut. tapi tempatnya cukup luas sih, dibanding punya BG Junction.

8th: Galaxy Mall, 3/10
weks, yang ini... tempat sholatnya berudara sesak, begitu pula tempat wudhunya. sandal yang ada berlumut, pecah2 pula. di sini saya bener2 get in-do business-get out.

9th: IT Plaza (THR Mall), 2/10
hwaaa semakin di posisi bawah ini semakin "mengerikan". ada dua musholla yang saya tahu. yg pertama di lantai bawah dekat parkiran. yag ini selain tempatnya muram, rasa air wudhunya kadang aneh. udara parkiran juga menyatu dengan udara dalam musholla. yang kedua di dalam mall nya, di lantai berapa saya lupa. yang ini tempat wudhunya mengenaskan, jadi satu ma toilet.

10th: Surabaya Plaza (Delta Plaza), 1/10
sampailah di posisi buncit. tempat wudhunya pesing banget. bwah. udah gitu kalo habis wudhu, kita harus melalui jalur mobil yang keluar dari parkiran. dan kayanya sih, kalo mobil yag keluar melaju cukup cepat, kita bisa tertabrak. soalnya jalurnya melingkar turun gitu, dan penyeberang jalur tidak terlihat dengan bebas oleh pengemudi mobil. udara di tempat sholatnya juga apek.

demikian, semoga tulisan ini bermanfaat, meskipun mengungkap hal yang kurang bagus.

8 komentar:

Anonim mengatakan...

ada mall di daerah karet kuningan namanya ambassador. kamu mesti kesana Tok. ini bukan musholla lagi tapi masjid. bener2 indah, artistik. adanya di lantai 14 (atas sendiri)..tempat paling nyaman disana. terkadang juga kerasa bangunannya rada goyang bergetar gitu (mungkin karena ketinggian kali ya). mallnya sendiri biasa banget, kayak JMP gitu (mending JMP malah).

mestinya para pemilik mall itu juga mikirin tempat sholat ya, heran...nyebelin juga kalo dipikir2.tidak memperhatikan kenyamanan konsumen yang kebanyakan muslim

maunya ini kubikin postingan di blogku, ternyata keduluan kamu (dan lebih bagus punyamu)...curang, kamu membaca pikiranku yooo..awas kamu.. (lah kok malah ngomel2 :p )..peace..

Anonim mengatakan...

revisi postingan di atas...(duh aku bodoh..)
eh salahh.. dudul... (maklum gadis desa yang baru saja ke kota)...bukan ambassador..tapi ini di tanah abang...mallnya semburat, tapi masjidnya keren.....(menurutku sih)

destyan mengatakan...

lantai 14? mall ada yang 14 lantai? gak percaya aq. kayanya ada yang kurang dr ceritamu ini...

benernya waktu aq cari ilustrasi buat posting ini, aq nemu blog yang ngebahas (lebih lengkap malah) buat musholla mall juga, cuma buat di depok: nih.

btw, gadis desanya gak pernah bawa oleh2. awas kamu.

Farras Octara mengatakan...

Hmm. Grand City Surabaya bagus loh, mbak. Bersih sekali.

gentaraputri mengatakan...

Sutos? :D

gentaraputri mengatakan...

Sutos? :D

esar mengatakan...

Royal plaza baguus

Unknown mengatakan...

Ciputra world bagus kokkk