Kamis, 31 Juli 2008

katsuya @galaxy mall

dalam suatu kesempatan yang jarang terjdi. saya dengan tiga orang teman pergi makan ke galaxy mall. dan di sana kami menuju tempat yang jarang juga, yaitu sebuah gerai cepat saji masakan jepang. dan yang juga sama jarangnya, kami menemukan klaim tulisan: halal. mungkin saya yang kurang sering jalan2 ya, tapi memang biasanya kalo gerai masakan non-lokal, biasanya tidak mencantumkan tulisan halal, atau malah yang lebih mencurigakan, dia memasang label: tidak mengandung babi. hmmm tanya kenapa.



anyway,
gerai makan yang kami kunjungi adalah: katsuya. walau ada di area food court (lantai 4), tapi tempat ini punya meja sendiri. di sebelah kasir ada dua meja dengan masing2 empat tempat duduk. di sisi ruangan yang lain terdapat dapur terbuka dengan tempat makan di sekelilingnya. buat yang suka ngintipin juru masak lagi nggoreng atau motong2 sayuran, bisa memilih untuk duduk di sana. tapi kami kan suka ngobrol (sungguhkah?) jadi kami pilih meja normal di ana kami bisa saling berhadapan.



saya suka dengan desain daftar menunya, heheh. simple, dengan foto2 yang bagus. rentang harga... hmmm... . untuk makanan antara IDR 15000 sampai kira-kira IDR 35000, sedangkan untuk minuman tersedia "H2O" (air putih) seharga IDR 3500 sampai "Spider" yag dihargain IDR 12500. kalo lihat2 blog lain yang mbahas tempat2 makan jepang... kayanya bakal nulis: terjangkau banget kaann?. ugh, tidak di blog yang ini. meskipun nggak sampe berkomentar: gillaaaaaa, tapi saya akan berkomentar: hugkhkhsss.... (bayangkan orang tercekik).



tapi memang dasar saya kurang ajar, waktu itu saya pesan menu mahal: Salmon Teppanyaki seharga IDR 34090 dan minum Ice Lemon Tea seharga IDR 3500. pesanan yang lain adalah fanta strawberry (IDR 4500) untuk minumannya (2 orang yg lain pesen ice lemon tea juga), dan untuk makanannya... Seafood Teppanyaki (IDR 27700), Chicken Katsu (IDR 19900), Tori No Teba (IDR 18000). oh ya, semua harga tadi belum termasuk pajak. kayanya lebih mahal daripada hoka hoka bento, dan cukup berimbang dengan chubo chubo. tapi yang jelas kalau ada bahan yang tidak halal, dosa anda ditanggung oleh pemilik katsuya ini. oh ya, ada diskon 30% buat anda yang bertransaksi menggunakan kartu kredit dari bank mega.



hmmm mari kita makan. semua pesanan tadi udah termasuk nasi semangkuk. mangkuk nasi jepang. bukan mangkuk bakso. Chicken Katsu yaaa gitu2 aja deh, irisan ayam yang digoreng. saya nggak terlalu memperhatikan. trus Tori No Teba, kalo saya nggak salah lihat sih, kaya ayam kecap/mentega gitu, kayanya enak. lalu, yang membuat saya cukup terperanjat ketika pesanan teppanyaki keluar adalah: jumlah kecambah/taoge yang banyaaaakkk. kayanya lebih banyak dikit volumenya daripada volume salmonnya sendiri. hal ini juga berlaku pada seafood teppanyaki-nya. adahal foto di daftar menunya ngak gitu2 banget deh... . angle menentukan segalanya.



sedikit menyesal, tapi yaaa namaya juga memuaskan penasaran. harus dilahapp. ternyata... enak juga. hehehe. disajikan di atas hot plate, taoge dengan kecap+bumbu yang ada terasa segar-segar merangsang. pastkan anda melumuri taoge+salmon dengan bumbunya itu. rasa salmon yang baru saya rasakan waktu itu, ternyata nggak terlalu spektakuler. mirip tongkol. lebih lunak dan tawar dikit. tapi saya nggak tahu itu karena cara masak atau rasa alaminya. but i'm sure now that i'm not going to spend more money just to taste a salmon. cukup puas lah makannya. kalo dengan Ice Lemon Tea-nya, lain lagi. ndak puas. terlalu serik (duh ini bahasa jawa). apa ya artinya? hmm, kasar di tenggorokan. banyak tempat lain yang lemon teanya lebih enak.



kesimpulannya, kalau anda lagi jalan2 di galaxy mall dan ingin mencicip masakan teppanyaki, dateng aja ke katsuya. sendirian, atau sama temen maksimal 4 orang lah, enak kok tempatnya, nggak seribut kalo di area foodcourt yang di tengah. tapi jangan pesen ice lemon tea nya, mending softdrink aja. kalo pengin chicken katsu... di hokben lebih murah (chicken katsu halal nggak si?).

Tidak ada komentar: