Kamis, 13 Maret 2008

Three (masihkah) jaringan GSM ku


sudah hampir setahun ini saya menggunakan layanan GSM dari 3 (Three). bisa dibilang dulu saya terjerat oleh promosi 3x nya, yang bilang isi ulang minimal 30 ribu, dapat tiga kali lipatnya. ketika beli perdananya, saya baru tahu kalau pulsa di kartu ini dibagi-bagi, antara pulsa utama, pulsa sesama, dan bonus umum. karena merasa sedikit tertipu oleh promosinya, kartu perdana itu nyaris saya hanguskan. tapi kemudian muncul promo baru yaitu gratis sms ke sesama three dan sms ke lain operator hanya Rp 110,- Maka perdana itu tidak jadi saya hanguskan.

Lumayan lah, kalau saya isi ulang 30 ribu, total pulsa yang saya dapatkan dan bisa digunakan ke lain operator ada 45 ribu. pulsa 45 ribu yang lain, karena hanya bisa digunakan untuk sesama 3, sempat cukup lama tertimbun. tapi kemudian temen-temen deket saya mulai ada yang menggunakan 3. jadinya lumayan menambah keakraban :) Dan tarif sms antar operatornya itu loh, belum ada yang nyamain.

lalu three mulai berulah dan menambah promosinya, dia ngeluarin tarif setengah. intinya, kalau kita ikut program tarif setengah harga ini, kita bisa menikmati layanan telepon dengan setengah dari tarif normal, sayangnya sms nggak ikutan kepotong 50%. trus konsekuensi yang cukup dahsyat dari program ini adalah, kita nggak akan dapat lagi bonus 3x yang didapat ketika isi ulang min 30 ribu. artinya, beli 30 ribu ya dapetnya 30 ribu doank.

berhubung dengan pola penggunaan seluler saya yang mulai berubah dan lebih sering menelepon daripada sebelumnya, akhirnya saya ikutan produk ini.apalagi ada promo 1 rupiah per menit untuk sesama 3 dari jam 1 pagi sampe jam 1 siang. juga gratis sms buat sesama 3. nggak terlalu kuatir lah buat lost contact ma temen sesama 3 :P jadi kalau anda melihat sekarang saya nelpon, jangan heran, karena per menitnya cuma habis 550 rupiah. lumayan loh bicara 1 menit itu.

namun, skrg kan makin banyak promo tarif murah yang nggak jelas banget sampe 0,000000...(sejuta nol)1 per detik. tapi baru terasa murahnya kalau udah ngobrol 3 menitan gitu. tapi yang saya suka dari kartu-kartu yang lain itu adalah itungannya yang per detik. kalo three... per menit. kadang2 ngerasa rugi aja karena sistem itungan per menit ini. lagian, sinyal three di kediaman saya di surabaya gak ada improvement, timbul tenggelam, antara ada dan tiada. trus coba deh ngisi pulsa di saat masa tenggang. pasti aktifnya nggak seketika itu juga. musti nunggu rada lama, bisa sampe 24 jam malah baru tu kartu bisa berfungsi secara normal.

sekarang tambah lagi kartu seluler baru: axis. tarif sms dan telponnya cukup menarik dan kompetitif dibanding three. tapi... seperti yang bisa dilihat di foto, jaringan seluler yang terdeteksi di rumah saya cuma ada 4: three, telkomsel, indosat, dan xl. so... perlukah saya tetap setia dengan three?

3 komentar:

Unknown mengatakan...

setia ajah de.......

biar aku masi punya tmen yg bs ku smsin gratis en ku telp-in klo pas lagi gk da kerjaan ;p

Anonim mengatakan...

Dengerin tuh kata ocha...

Jadi pengen ikutan pake three

destyan mengatakan...

kenapa emang mas/mbak anonim kok tertarik ama three? mau ditelponin atau di-sms-in ocha yaa? ;)

atau mau menambah keakraban sama saya? huhuhu