Selasa, 16 September 2008

ramadhan recap - sepertiga pertama

ternyata nggak mudah juga berhenti nulis kalo sudah biasa nulis blog. walaupun tulisannya tetep nggak penting sih. cuma mau sedikit cerita aja ttg pengalaman awal puasa di 1429 hijriyah. puasa kali ini agak beda dari puasa2 saya sebelumnya di surabaya, karena (nyaris) nggak ada pasokan makanan dari malang. hehe, makanya sebelumnya saya belanja-belanja dikit sebelum puasa, biar ada yang bisa dimaem waktu sahur. kali ini saya nggak beli stok mie instan. karena dari pengalaman puasa2 kmrin, sahur pake mie hampir sama aja nggak sahur sama sekali.


sempat muncul ide buat masak sesuatu buat sahur, waktu lihat iklan acara "oseng oseng" di globalTV. kayanya emang paling pas masak oseng2 buat sahur. hmmm tapi setelah melihat beberapa kali acara itu, saya nggak jadi tergerak buat masak. habisnya... yang dioseng nggak semudah yang saya bayangkan. (emang dasarnya males masak kali ya?). bahan2nya itu loh: paprika merah-hijau-kuning, bawang merah-putih, kadang kepiting, kadang ayam, kadang cumi, sapi, kambing. aduh, males banget deh megang barang2 amis gitu. ehehe. sempat juga pagi-pagi keluar dari perumahan dengan radius 500m, cari yang jualan sahur. tapi... sepi. jadinya sahur saya berkisar antara oatmeal, roti, dan... di foto ini adalah masakan paling "lengkap" yang bisa saya bikin sendiri: nasi putih+telur ceplok+saus tomat. hmmm saya udah berusaha buat nyari angle yang tepat biar masakan ini kelihatan menggairahkan. tapi yaaaa.... (;^_^

tapi saya bersyukur banget sampe hari ini puasanya lancar, nggak pake pusing2 atau gimana gitu, meskipun nggak minum vitamin kaya tahun2 kemarin. mungkin karena hidup skrg lebih santai kali yak? godaan paling dateng dari siaran radio GMHR yang diisi omongan saru dan iming2 makanan enak. heheh penyiar2 gendheng. dan di jalanan belum ketemu pengendara sepeda motor yg nabrak2 spion saya dan kabur tanpa kata. padahal seminggu sebelum puasa saya udah ketemu tiga kali. (entah apa yang ada di pikiran orang2 itu... [geleng2]). alhamdulillah...

buka puasanya sih nggak beda jauh ama waktu sahur. yaaa bisa beli di warung sih, tapi oatmeal saya masih banyak (^o^) untungnya saya sempat ke malang di weekend minggu lalu. di sana berbuka puasa dimasakin wahahaha, trus ada kurma pula, ada puding, huhuhu dan sesuatu yang lama saya rindukan: singkong goreng. saking rindunya, saya makan cukup banyak sebelum tarawih. hasilnya perut saya penh dengan gas yang bergejolak. hmmm cukup merepotkan. dann... beberapa hari yg lalu ada temen (blog nya ada di samping kok) yang akan pergi mengembara, jadinya dia ngajak buat buka bareng (ditraktir nih). berhubung dia tertarik dengan posting saya ttg solaria, akhirnya kami pergi ke sana. menu yang dipesan hampir sama sih. chicken mozarella dipesan bu feqi, saya nyoba cordon bleu, mahadewa milih mie lagi: mie ayam teriyaki+pangsit goreng, dan wahyu pesen nasi+ayam teriyaki. pangsit gorengnya cukup mengenyangkan ternyata, walupun cuma 4 lembar gitu, soalnya besar. wah, malam itu semua kekenyangan. saran saya kalo mau berhemat, pesen mie ayam teriyaki+pangsit goreng+3 nasi. cukup tuh buat ngenyangin 3 orang (bakal habis 40rb). trus minuman yang baru dicicipin adalah blackcurrant, tapi saya masih lebih suka es okra.


trus, romantisme ramadhan belum lengkap tanpa sholat tarawih. berhubung jarak masjid dengan rumah cukup nanggung, kalau jalan kok lama, kalo naik mobil kok terlalu deket, saya biasanya naik sepeda gunung. gara2 naik sepeda ini, saya ngalamin kejadian gak lumrah. suatu malam sepulang dari tarawih, saya masih berenergi dan bersemangat. maka saya mengayuh pedal sepeda dengan keras, sepeda saya pun melaju kencang membelah angin malam di dalam area perumahan saya. ketika sensasi angin malam menerpa wajah saya, tiba-tiba muncul suatu sosok dalam sekelebat dari samping. seketika itu juga muncul suara yang paling bikin saya bete dan ngeri: gonggongan anjing. gila, ni anjing ngejar saya! parahnya saya cuma bengong aja gitu nengok ke belakang ngeliatin tu anjing lari ke arah sepeda saya. kaki saya diem nggak ngayuh. untungnya sepeda saya lagi dalam kecepatan tinggi, alhasil tu anjing kecapekan dulu sebelum berhasil ngemut jempol saya. huh, akhirnya jantung berdebar bukan karena sepedaan, tapi karena dikagetin anjing. padahal tu anjing biasanya diem aja, meskipun kalau saya (atau siapapun) lewat di depannya, bakal diliatin terus sampe bener2 jauh.

beberapa malam berikutnya, saya kembali menuju masjid dengan sepeda. anjingnya udah nggak keliatan, mungkin karena rumahnya lagi dijual (dua lantai, di perumahan purimas, kok aq jualan rumah lagi?). waktu itu saya memutuskan buat pake sarung. walaupun jarang banget, tapi saya udah beberapa kali pake sarung buat sholat di masjid. cuma kali ini, saya pake sarung dr rumah. dan dari pengalaman, cara saya yang biasa buat pake sarung, bikin susah kalo naik sepeda. akhirnya saya pake sarung dengan cara yang beda dari biasa. naik sepeda pun jadi lebih mudah. nyampe di masjid tinggal masuk karena udah ambil wudhu di rumah. semua berjalan lancar, sampe kemudian di rakaat ketiga sholat tarawih, saya mendapati gulungan sarung saya tiba-tiba udah nyampe di level selangkangan gitu. untungnya kemeja saya dikeluarin, jadinya nggak keliatan tuh sarung dala keadaan 'genting'. rakaat keempat berhasil diselesaikan dengan baik dengan improvisasi gerakan untuk menaikkan sarung saya ke tempat yang seharusnya. waktu duduk buat salam, segera saya benerin tuh iketan sarung. rakaat kelima dimulai, aman. rakaat enam dimulai. duh, tuh sarung turun lagi, kali ini lebih gawat dari kondisi di rakaat ketiga. aduhhh... jadi bener2 gak konsen. dalam hati masih bersyukur, bahwa di dalem sarug tuh saya masih pake celana yang nutupin lutut. tapi tetep nggak lucu yo, kalo sarung melorot di tengah sholat. singkat cerita 8 rakaat sholat tarawih berhasil diselesaikan tanpa ada insiden. meskipun i'tidal nggak sempurna karena kuatir sarung bakal terjun. awwhhh kacau deh. akhirnya pulang cepet2 sebelu witir dengan ikatan sarung yang gak karuan, hasil gerakan2 gak jelas buat mbenerin dan ngerapetin ikatannya. payah.

tapi ini kan masih sepertiga pertama ramadhan, mudah2an nikmat kesehatan terus diberikan kepada kita, dan terus diberikan kekuatan buat menjaga puasa. doa-doaku... semoga dikabulkan... teman2ku yang kuhilangkan maupun menghilang... semoga kalian memikirkanku seperti aku memikirkan kalian. selamat berpuasa.

1 komentar:

destyan mengatakan...

hmm pak faisol... saya nggak nemu info/ilmu apapun di posting saya yang ini [garuk garuk kepala]
yang saya nemu adalah komentar bapak yg serupa di beberapa blog laen. hehe. gpp. promosi bisa berbagai cara.
blog nya cukup menarik sih...