Senin, 12 Januari 2009

BNS visit part 2: food court

 

jalan2 dan menikmati wahana di Batu Night Spectacular, di malam hari dengan udara batu yang dingin... pasti bikin laper. gak seperti pasar malem, di BNS sini yang jual makanan nggak di rombong atau kaki lima gitu (^^) tempat makan ada dua area, di cafe street (di atasnya galeri hantu) dan di food court. waktu saya berkunjung di penghujung desember 2008 kemarin, yang buka di cafe street kayanya baru cafe hantu sama sebuah tempat yang ndak ada papan namanya dan tampak begitu misterius (di depannya ada patung singa).

di cafe hantu suasananya menarik banget sih. ada hantu2 nya, dan ada pegawai yang pake kostum hantu. sayangnya waktu itu meja yang saya pengin tempatin, lagi dipake orang. mejanya bunder gitu dan ditutupin sama kelambu. unik bgt. sementara di tempat yang misterius itu, nggak jelas itu tempat apaan. dari luar cuma ada dua lcd tv yang nayangin pertandigan sepak bola. berhubug kantong lagi ngga jelas isinya berapa, akhirnya ya pergi ke food court nya aja (*^^)

food court nya ada di sebelah selatan BNS. untuk menuju ke sana, kita melewati gerbang melengkung menyala warna merah (atau merah menyala? yang jelas gerbangnya berupa lampu yang nyala :P) yang cukup besar. eits, tapi sebelum nyampe food court, kita harus melewati night market nya. yaaa stan2 jualan gitu. isiya kebanyakan pakaian, asesoris dan boneka, ada juga yang jual kelinci (hidup) dan pemanas air. hmmm... tempat jalan2 bgt nih BNS.

oh ya, dari arena wahana BNS ke night marketnya, kita turun beberapa anak tangga gitu. dari night market ke food courtnya, juga turun lagi. ternyata... food courtnya luasss banget. dan... di tengah2nya, ada anak tangga buat turun juga (turun mulu). di langit2nya, ada layar buat projector yang dibikin memanjang tak terputus, di pinggir kiri dan kanan area food court. di beberapa pilar food court kelihatan projector yang menyorot ke layar super panjang itu. sayangnya waktu itu masih sore dan belum ada yang disorotkan.

di ujung food court ada panggung dengan peralatan musik lengkap. di depan panggung ada kolam dengan air mancur yang mati. setelah baca2 tulisan di sekitar food court, baru tahu kalau ada pertunjukan air mancur menari. tapi jamnya 2030 dan 2230 doank. yah, lama banget, gak mungkin lihat deh. langsung makan aja kali ya? cari2 makanan... banyak banget piihan masakan indonesia. seafood ada, bakso, soto, sate, pempek... kalo masakan luar negeri ada steak, bento, ama... itu aja kayanya. minuman... ini yang aneh, pilihannya dikit. cuma ada minuman standar kaya teh, kopi, soft drink, jus buah. ada sih yang jual minuman hangat kaya angsle dan ronde. tapi kan saya mengharapkan es badai tropis, atau es lahar dingin, atau apaaa gitu. dan harganya... hmmm kok standar tunjungan plaza yaaaa. jadi agak bete.


akhirnya saya pesen steak crispy mixed chicken beef, kira2 IDR 20000. minumnya teh tarik sekitar IDR 7000. temen saya pesen bento... apa ya? sekitar IDR 23000 gitu plus tebs seharga IDR 8000. yaaaa tebs seharga itu.... mau? mau? mau? ya sudahlah. rasanya sih fair, nggak istimewa. suasananya.... mungkin perlu nunggu lebih malem biar bisa menikmati suguhan hiburan yang macem2. waktu itu, saya nggak terlalu kenyang, dan suasana juga hening tak menghanyutkan. intinya cukup kecewa.

satu lagi yang agak "off" ttg food court di BNS ini, yaitu: cara transaksinya. sebelum anda pesen ini itu dan beli ini itu di food courtnya, anda perlu pergi ke kasir dan menukarkan uang rupiah anda, dengan uang food court BNS. jadi kaya dapet uang monopoli gitu. nominalnya sama aja dengan uang rupiah. uang ini yang nantinya bisa dipake beli2 di tenant yang ada di food court ini. kalau ada sisa atau kembalian, di akhir kunjungan anda, uang mainan itu bisa dituker lagi dengan uang rupiah, di kasir. agak ribet.


kesimpulannya sih, kalau anda datang di sore hari, kayanya nggak terlalu sip buat makan di food court ini. cuma masalah suasana aja sih. mending coba di cafe hantu atau warung bethania yang akan segera dibuka. trus, kalo emang mau makan di food court, mending beli minuman kemasan dari luar deh. harganya itu lohhh. trus jangan lupa tukerin dulu duit anda di kasir dengan uang plastik ala BNS. kalo anda datang di malam hari, kayanya sip deh, cari aja tempat duduk yang deket panggung dan air mancurnya. lampunya bisa membawa perubahan suasana yang cukup berarti. untuk harga, menu makanan di sini rata2 IDR 20000, dan minumannya di atas IDR 5000.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

sedikit pbaikan ajah... tebs-nya itu 4000 lagee... bukan 8rb (yah emg sangat dimahalin sih... )

destyan mengatakan...

maca cii... yang pegang bon nya siapa yaa? eh, kayanya emang gak ada bon. hmmm tapi tebs 4000 juga mahal. kayanya perlu ke sana malem2 deh, mungkin suasananya lebih meriah. dan hargaya jadi gak terasa terlalu mahal :P